Ini Kuliahku, mana Kuliahmu?

by on Kamis, 28 Agustus 2014

Cilacap, Juli 2010
Inilah perjalanan masa kuliah. Masa yang bisa dibilang "paling penting" dari kisah perjalanan hidup manusia. Masa dimana jati diri ditemukan, bahkan seringkali disebut masa jodoh dikenalkan Tuhan (ataupun tidak). 

Masih ingat? Tahun-tahun pertama kuliah, dimana jiwa dan ragamu berada jauh dari rumah, dan merasa bebas untuk pertama kalinya. Yang sebelumnya orang tua gak ngijinin punya piaraan, sekarang bisa punya. Yang sebelumnya gak dapet ijin pulang malem tanpa alesan, sekarang bisa kapanpun. Yang sebelumnya gak dapet restu kalo nginep dirumah temen, sekarang bisa sesuka hati. Yang sebelumnya musti potong rambut rapi dan parlente, sekarang bisa gaya apapun, mulai dari potongan gaya ronaldo, ronaldinho, sampe gaya rano karno pun bisa. Tahun pertama memang mengesankan.
Tahun kedua, masalah mulai berkenalan denganmu. Tahun dimana kamu harus lebih sering nginep di rumah/kos temenmu, dan tidur larut karna alasan kerja kelompok ngerjain tugas. Kamu mulai harus memilih, mau jadi apa kamu kelak. Mulai memilih mata kuliah yang harus diambil dan yang harus ditinggalkan. Di tahun kedua kamu sudah memiliki banyak teman yang siap mendengarkan curhatan galaumu. Ataupun tulang rusukkmu sudah mulai engkau kenal (ataupun belum.)

Tahun pertengahan, kamu sudah kenal betul dengan tempatmu kuliah. Resto yang enak, tempat nongkrong yang asyik, bahkan tempat kos unik. Makanya pindah kos jadi topik menarik. Pindah kos-pun beragam alesannya. Ada yang karna nemu tempat yang lebih kece. Alesan lain adalah karna Ibu/Bapak kosmu guaalaaaak gak ketulungan. Akhirnya pindah kos jadi pilihan.

Tingkat senior, mimpimu mulai terbentuk, begitu pula kepribadianmu. Kamu udah gak sabar untuk lulus. Karena kamu siap untuk berkelana, mengubah nasib keluarga bahkan mengubah dunia. Atau setidaknya melanjutkan studimu ke tingkat s-2.
Tapi sebelumnya kamu harus menaklukkan satu fase yang cukup angker untuk dilalui (katanya). fase SKRIPSI. Banyak yang gagal melalui fase ini. Dan fase inilah yang menyebabkan banyak mahasiswa molor lulusnya, atau bahkan DO bagi yang lainnya. Tragiss.

Masa-masa menjelang wisudamu, kamu bakal ngerasa kangen sama suasana kuliah. Kamu bakalan kangen rasanya grogi pas presentasi depan dosen. Deg-degan karna duduk disamping inceran. Atau kangen rasanya kecewa waktu temen satu kelompokmu gak pernah konsisten ngerjain tugas dan laporan, sehingga kamu musti ngerjain tugas kelompok sendirian. 

Seperti itulah perjalanan masa kuliah. Kuliah membuat hidupmu lebih berwarna. Jangan pernah melihat PERTEMUAN sebagai muara dari PERPISAHAN, kemudian MENANGIS karena masa indahmu sudah berakhir, tapi TERSENYUM-lah karena masa itu pernah terjadi dalah kehidupanmu.

Setidaknya kamu sudah menjadi satu dengan belahan jiwamu (atau masih belum juga? nasibmu bro bro.). 
Yogyakarta, 23 Agustus 2014




No comments yet.

Write a comment:

Diberdayakan oleh Blogger.